Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi android tiba tiba macet / lag,ketika bermain game dan sosmed

Hay wonk... gimana kabar kalian nah pada saat ini saya akan memberikan sebuah cara mengatasi  lag/tiba tiba macet,penasaran lihat yuk

Cara mengatasi android tiba tiba mecet / lag,ketika bermain game dan sosmed

Lag atau ponsel tiba tiba macet saat android berjalan entah itu ketika bermain game atau sedang membuka aplikasi lainya.
Di wilayah sekitar saya banyak yang mengeluh dikarnakan ketika enak enak bermain game android atau ketika chatingan di sosmed entah itu instragram,bbm,facebook dan lainy sebagainya,untuk itu saya terinspirasi membuat artikel ini,maaf ya,kembali lagi ke permasalahnya.
Nah jika android kalian mengalami macet secara tiba tiba seperti kejadian saya maka kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar lebih waspada untuk ke esokan harinya.

Penyebab android tiba tiba macet/ lang

1.ram kalian terlalu kecil.

Bukan saya tidak memperbolehkan kalian mempunyai ponsel yang ber ram rendah tapi saya menyarankan kalian untuk tidak terobsesi dengan meng instal aplikasi yang besar ke ponsel jika kalian mempunyai ram rendah karna itu bisa membuat ponsel kalian menjadi lag.

2.ram kalian terlalu penuh

Ram besar bukan menjadi kita lebih bebas untuk membiarkan ponsel kita sembarangan menginstal aplikasi apa saja.
Meskipun ram besar jika terlalu penuh dengan aplikasi yang tak penting berjalan maka meng akibatkan menjadi lag

3.terlalu banyak cache/sampah internet.

Namanya juga sampah pasti mengganggu,jika kita tidak pernah untuk membuang sampah maka android kita menjadi lemot atau lebih parahnya bisa lag.
Setelah kita membahas penyebabnya maka kita harus lihat tentang solusi agar ponsel kita tidak serring lag

Cara mengatasi android lag

Nah pada dasarnya untuk solusinya kita harus bisa menghindari penyebnya tapi android wonk memberikan lebih luas dan lengkap.

1.hindari ram terlalu penuh

Ram adalah suatu komponen yang mempengaruhi berjalan tidaknya aplikasi di android yang sebenarnya.
Jika android kalian yang tiba tiba macet atau lag ketika bermain aplikasi ataupun bermain game  kemungkinan paling besar adalah ram tidak kuat untuk menjalankan aplikasi atau ram terlalu penuh.
tapi untuk mengatasi ram terlalu penuh dan ram tidak kuat  ada beberapa tips untuk mengatasinya.

A kurangi aplikas berjalan


Terlalunya banyak aplikasi berjalan bisa membuat ponsel kita menjadi tiba tiba macet karna ram terlalu penuh.
Maka jika ponsel kalian sering macet coba lihat di menu >>settelan<<,cari menu >>apl<< dan masuk, terus geser ke kanan cari menu >>berjalan<<,jika bingung seperti gambar di bawah ini:


lag
lag

Lihatlah satu persatu aplikasi,jika ada aplikasi tidak penting yang sedang berjalan,maka saya sarankan langsung kalian copot pemasangan agar tidak menumpuk numpuk
Tapi awas jangan copot pemasangan aplikasi sitem android kalian,seperti sistem ui,intinya sitem android karna membahayakan.

B jangan terlalu banyak meng instal aplikasi

Banyak kasus dalam beberapa tahun ini ponsel tiba tiba macet gara gara terlalu banyaknya aplikasi yang ter instal dalam android.
Karna semakin banyak aplikasi yang terinstal maka PR ram yang belum terselesaikan akan tambah banyak.
Oleh karna itu kalian harus bisa memilih mana aplikasi yang mana aplikasi yang penting dan tidak ,agar ram tidak penuh dengan aplikasi yang tak penting

C.hindari aplikasi terlalu besar (untuk ram kecil)

Masih banyak pada saat ini yang masih mempunyai ponsel yang memiliki ram rendah,jika kalian memang memiliki ram rendah maka jangan lah coba coba menginstal aplikasi yang besar karna itu bisa membuat ponsel android kalian menjadi macet,bukan saya menyindir atau mengucilkan tapi saya hanya memberi saran buat anda.
Karna ram rendah itu rawan macet jika aplikasi yang di buka terlalu besar maka untuk itu hindarilah aplikasi yang terlalu besar.
Tapi lain halnya jika ram besar,kemungkinan untuk macet  sedikit dari pada ram yang rendah.

2.Hapuslah cache secara rutin

Cache adalah sampah hasil kita membuka aplikasi apa saja entah itu online atau offline,yang sangat mengganggu dan menyita banyak isi ram.
Jangan kira cache masalah sepele karna cache adalah bumerang ke diri kita sendiri, jika kita membiarkan maka ponsel kita akan mengalami lag.
Cara menghapus cache itu ada dua  cara,bisa menggunakan aplikasi dan bisa secara manual.
  • Jika  menggunakan aplikasi maka kalian harus mencari aplikasinya,banyak aplikasi pembersih yang tersebar di toko aplikasi di internet seperti clean master dan lainnya.
  • Jika menggunakan cara manual,caranya gampang sekali kalian tinggal pergi ke menu >>>settelan<< terus pergi  menu >>>apl<< dan masuk ke salah satu >>>aplikasi<< dan setelah itu  geser sampai bawah dan cari menu >>>hapus cache<<,cek di setiap aplikasi dan hapus per aplikasi.


Jika sudah tahu maka kalian harus rutin menghapus cache agar ponsel android kalian terhindar dari lag/macet tiba tiba.

3.penyimpanan internal terlalu penuh

Penyimpanan internal adalah penyimpanan media entah itu foto,video ataupun dokumen lainya,tapi jangan kira jika penyimpanan internal tidak bisa menyebabkan ponsel kita menjadi lag.
Karna jika penyimpanan internal kita penuh maka otomatis ram kita akan menjadi lemot karna terlalu berat menjalankan.
Untuk itulah kalian jika mempunyai dokumen seperti music dan video maka jangan terlalu banyak menyimpanya di ponsel kalian agar tidak macet ya.
Demikian terimakasih semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke temen temen kalian.