Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

awas hacker ada dimana mana !! cara mencegah serangan hacker di smartphone

apa kabar wonk dalam artikel ini android wonk akan memberikan sebuah cara mencegah serangan hacker dan malware yang sangat merajalela di duni digital saat ini.

mencegah serangan hacker dan malware di smartphone

Dalam dunia teknologi yang canggih seperti sekarang ini sangat banyak kejahatan yang meraja lela di dunia digital saat ini.
Hacker adalah seseorang yang ahli dalam komputer mulai dari membuat perangkat,memodifikasi perangkat,mengeskpolitasi perangkat entah itu peranhkat lunak atau perangkat keras.
Julukan hacker diberikan kepada ahli komputer yang mempunyai kemampuan yang hebat dalam ilmu komputer,tapi seiringnya jaman julukan hacker itu di berikan kepada orang yang bertindak kriminal,terutama dalam istilah membobol.
Malware adalah suatu program yang di rancang untuk menyusup dan merusak secara diam diam,tapi di telinga orang pada saat ini sering menyebutnya  virus, ada banyak jenis jenis malware di dunia ini,ada yang untuk menginfeksi komputer,ada yang bersembunyi di komputer dan ada juga untuk mencari keuntungan dari komputer orang lain atau juga di sebut mencuri.
Dalam seiringnya waktu hacker bukan hanya mengincar komputer tapi juga mengincar smartphone.
Karna smart phone sekarang sudah bisa mengakses keungan dan akun penting lainya,untuk itu mari kita mencegah agar kita terhindar dari serangan hacker dan orang yang tidak bertanggung jawab lainya.

cara antisipasi hacker dan malware

1.back up data.

Back up data atau juga bisa di sebut dengan membuat cadangan file file di smartphone kita.
Memiliki cadangan file sangat bermanfaat bagi kita,agar jika kita sewaktu waktu ponsel kita terkena virus dan sampai menghancurkan dan sampai menghapus file penting kita, maka kita tidak pusing ketika ada kejadiaan yang tidak di inginkan.
untuk cara menncadangkan file kita maka kita harus memback up data file di ponsel,caranya bermacam macam ada yang menggunakn aplikasi dan juga ada yang menggunkan manual.
  • memback up data menggunakn aplikasi:ada banyak aplikasi back up data saat ini,ada titanium back up (harus dalam kondisi root),app backup & resto dan banyak lainya.
  • memback up data secara manual:dalam ponsel kalian sudah ada sistem yang untuk memback up data caranya kalian harus >>>matikan ponsel kalian,hidupkan dengan cara >>>menekan tombol pawer dan volume atas (+),maka kalian akan di bawa menu recovery,carilah tulisan >>buck up & resto(untuk memilih tekan volume dan sedangkat untuk masuk tekan pawer),setelah itu carilah menu yes dan tekan tombol pawer dan tunggulah dan besabarlah.

2.instal aplikasi remote wipe

Aplikasi remote wipe adalah aplikasi untuk mengendalikan smartphone dari jarak jauh.
Untuk kegunaan aplikasi remote wipe itu banyak sekali jika smartphone kalian terena heck atau pun hilang sekalipun maka kalian tinggal mengendaliakn dari jarak jauh.
Biasanya cara mengendalikanya dengan menggunkan komputer dan pc lainya.

3.jagan menggunakan public access untuk data yang penting.

Apa itu access public acses publik adalah koneksi kita ketika menggunakan teknologi internet seperti wifi gratisan/ umum dan rental warnet(warung internet).
Gratisan ? itu lah tujuanya untuk memakai public access tapi kita antisipasi dari kejahatan di dunia yang serba canggih seperti jaman kita kali ini,
Tapi bukan semua kegiatan smartphone kita tidak boleh menggunakan access public hanya ketika kita mengisi akun bank,email,akun twiter dan akun penting lainya,yang sekiranya jika akun tersebut di hack maka kerugian menimpa kita.

4 jangan simpan sandi semua di ponsel.

Nah persiapan kita selanjutnya adalah jangan menyimpan pasword bank,email dan akun  penting kita pada ponsel.
pasword adalah suatu privasi bagi kita yang tidak boleh ada orang yang tahu.
Jadi jangan lah menyimpan pasword bank dan email pada ponsel kita,apalagi kita serring menggunakan wifi gratisan itu paling bahaya, maka saya menganjurkan supaya kalian menulis atau menghafalkan saja biar privasi kita terjamin dan aman.

5 kunci ponsel kalian dengan kunci internal.

Kunci internal adalah kunci yang sudah ada pada di dalam ponsel kalian,kunci yang biasanya berupa pola geser dan pin.
Kunci internal adalah gembok pagar bagi smartphone kita,jika kunci internal kita sudah aman terjamin pula smartphone kita.
Gunakanlah kunci tersebuat untuk mengunci ponsel kalian agar kemungkinan ponsel kita di hack dan crak akan tipis.

6.kunci aplikasi penting lainya.

Aplikasi adalah suatu kehidupan bagi ponsel,jadi jika aplikasi kita tidak memiliki keamanan maka akan membuat ponsel kita akan menjadi rawan terhadap dengan para tangan jahil.
Maka lebih dari itu kita harus bisa melindungi aplikasi kita terutama aplikasi yang memuat akun kita seperti akun gmail dan akun mobile banking,untuk antisipasi bagi ponsel kita kena hack maka kita harus bisa melindungi apliksi itu maka perlu kita garis bawahi dan kita perhatikan supaya aplikasi penting kita lindungi dengan pasword.

7.baca app permision request

mencegah serangan hacker
mencegah serangan hackers
Jika kita mendownload aplikasi jangan asal download tapi kita teliti permision request jika permintaanya aga mencurigakan seperti meminta akun email dan pasword penting kita,sedangkan apliksi tidak harus mencantukan akun, maka anda jauhi mungkin itu malwer ataupun itu hacker.
cara penanggulangan hacker ,Mungkin demikisn saja dan jangan lupa ya subcribe dan comen agar lebih barokah ok sob