Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

(terbaru) Cara Mengirim File di Android ke PC Tanpa Kabel

androidwonk-Hay wonk berjumpa lagi dengan android wonk yang selalu menampilkan sebuah tips dan trick yang bermanfaat,pada saat ini android wonk akan memberikan sebuah tips cara mengirim file(gambar,video dan music) android ke komputer tanpa kabel.

Cara Mengirim File di Android ke PC Tanpa Kabel

Pada dasarnya kapasitas penyimpanan ponsel lebih kecil dari pada kapasitas penyimpanan komputer atau PC,maka dari itu banyak para pengguna ponsel menyimpan sedikit filenya ke komputer pribadinya agar ponsel mereka tidak lemot,karna terlalu penuhnya penyimpanan ponsel itu menyebabkan ponsel lemot tapi bukan hanya itu penyebab lemot kalau ingin tahu lihat di “penyebab android lemot
Pada biasanya mengirim file android ke komputer itu menggunakan kabel data atau semacamnya, tapi untuk sekarang ini androidwonk akan memberikan sebuah trick cara mengirim file android ke komputer tanpa mengunakan kabel.

Cara mengirim file di android ke komputer tanpa kabel

Dalam trick ini kita harus mengistal aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengirim file di android ke komputer tanpa kabel,Xender adalah nama aplikasinya yang sudah terjual bebas di play store dan gratis pula,bisa di lihat disini
mengirim file di android ke komputer

mengirim file di android ke komputer


Instal dulu aplikasinya di ponsel android kalian,untuk batasan androidnya saya tidak tahu pastinya tapi  mungkin semua android bisa di instal aplikasi ini karna aplikasi ini hanya menggunkan fitur Hotspot Wi-Fi portable sebagai pengirim file,yang sudah hampir semua versi android memilikinya,tapi tenang trick ini tidak akan memakan koneksi internet kok tenang saja 100% aman.
Untuk trick nya saya akan bagi menjadi dua ya sob,untuk ponsel android dan untuk PC atau laptop dan lainya,simak dengan teliti ya sob.

1.Cara menggunakan xender di ponsel

Sebelum itu saya akan menjelaskan cara di ponsel android terlebih dahulu,untuk trick pada ponsel android pertama kalian harus instal aplikasinya ya sob,tapi sebelum masuk kalian harus "matikan koneksi/data internet" kalian ya sob agar tidak terjadi penyedotan data  sob,jika sudah maka langsung aja wes.
  • Buka aplikasi Xender dulu terus pilih menu >>send<< yang sudah di lingkari dengan tandah merah di bawah ini.
mengirim file di android ke komputer

mengirim file di android ke komputer

  • Maka akan akan muncul 2 pilihan connect to iOS dan sambungan PC, maka pilihlah sambungan PC seperti gambar di bawah ini ya sob.
mengirim file di android ke komputer

mengirim file di android ke komputer

  • Setelah itu akan ada dua menu ada Wi-Fi atau Hostpot Wi-Fi portable maka pilihlah menu >>Hostpot Wi-Fi  portable<< yang sudah di beri lingkaran merah pada gambar di bawah ini.
mengirim file di android ke komputer

mengirim file di android ke komputer

  • Maka akan muncul sebuah pemberitahuan yang menampilkan sebuah url atau link pada menu ponsel seperti gambar di bawah ini.
mengirim file di android ke komputer

mengirim file di android ke komputer

Nah untuk kegunaan url di atas ini adalah untuk menyambungkan antara ponsel dan PC,jadi untuk saat ini kita tinggal dulu ponsel kita,kita teruskan ke PC atau komputer dulu ya.
Tapi perlu di ingat jangan keluar dari aplikasi Xender pada saat proses pengiriman karna itu menyebabkan proses pengiriman menjadi berhenti dan gagal ya sob.

2.Cara menggunakan Xender pada PC.

Nah untuk penggunaan pada PC atau laptop itu sangat simple dan tidak repot repot menginstal aplikasi lainya atau juga di sebut aplikasi pihak ke tiga untuk mengirim file,itulah salah satu ke unggulan aplikasi ini,dan di bawah ini trick menggunkan Xender pada PC
  • Nah untuk pertama kalinya kalian harus menyambungkan koneksi Wi-Fi PC atau komputer ke android kalian yang sudah otomatis di aktifkan Hotspot Wi-Fi portble,nah untuk nama Hostpotnya biasanya pada penggunaan pertama akan bernama Xender****.
  • Setelah menyambungkan Wi-Fi PC kalian ke Hostpot android kalian maka kalian harus membuka browser internet di PC kalian ya sob,maka tulislah url atau link yang tadi di ponsel kalian di browser kalian dan klik enter,tunggu sebentar karna kita akan kembali ke ponsel lagi.
  • Kita kembali lagi ke ponsel lagi,jika kalian sudah membuka url tadi maka otomatis dalam ponsel ada pemberitahuan maka klik saja >>terima<< sudah deh maka kalian akan kembali ke PC atau laptop lagi ya sob.
Jika tutorial di atas ini sudah di lakukan maka akan muncul di browser kalian sebuah tampilan seperti gambar di bawah ini ya sob 
mengirim file di android ke komputer

mengirim file di android ke komputer


Pada menu samping ada banyak pilihan ada imeg(foto),video,music,dokumen dan file,nah untuk kalian yang mau mengirim dan menerima imeg(foto) maka klik menu imeg(foto) untuk cara mengirimnya saya akan beri contoh pada gambar di bawah ini:
mengirim file di android ke komputer

mengirim file di android ke komputer

mengirim file di android ke komputer

mengirim file di android ke komputer

Keterangan:Masuk ke menu kategori yang mau di kirim dan di terima jika mau ngirim video maka masuklah ke menu video seperti di gambar di atas,setelah itu jika kalian mau mengirim video komputer ke ponsel android,maka klik unggah dan pilihlah video mana yang mau di kirimkan ke ponsel android.
Nah untuk mengirim file android ke PC atau komputer,kalian tinggal menuju ke video yang di pilih maka  akan ada icon panah ke bawah tinggal di klik deh,seperti gambar di atas ya sob.



Nah gampangkan sob,saya selaku penulis memohon maaf jika ada kesalahan saat mengetik dan jangan lupa ya sob komen dan share agar bermanfaat ya sob bye.